Saturday, 25 May 2013

Kilas Sejarah Basket

Permainan bola basket yang kita kenal sekarang ini diciptakan oleh Dr. James A. Naismith pada 1891 atas anjuran Dr. luther halsey gulick. Dr. luther menganjurkan kepada Dr naismith untuk menciptakan permainan baru yang dapat dimainkan didalam gedung, mudah dimainkan, mudah di pelajari dan menarik.
Pada mulanya Dr. naismith menggunakan keranjang sebagai sasarannya oleh karena itu permainan baru itu dinamakan "Basket Ball". Ternyata permainan baru ini mendapat sambutan baik dan dengan cepat berkembang keseluruh dunia. pada 1924 permainan bola basket didemonstrasikan pada Olimpiade di Perancis. Pada 21 juni 1932 atas prakarsa Dr. Elmer Beny, diretur sekolah olahraga di Jeneva, diadakan konfrensi bola basket. dalam konfrensi ini terbentuklah federasi bola basket internasional yang diberi nama Federation International de Basket ball Amateur (FIBA).
Pada 1936 untuk kali ini nama permainan bola basket dipertandingkan dalam Olimpiade di Jerman, yang diikuti 21 negara. pada PON I di Surakarta bola basket telah masuk dalam acara pertandingan. pada 23 Oktober 1951 berdirilah Persatuan Basketball Seluruh Indonesia atau PERBASI. Pada 1953 PERBASI di terima menjadi anggota FIBA, dan pada 1955 perpanjangan PERBASI diubah menjadi Persatuan Bola Basket Seluruh Indonesia dengan singkatan tetap PERBASI.

No comments:

Post a Comment